Tentang Kami

Sejarah 

Prasarana dan sarana air minum Kabupaten Purworejo merupakan asset peninggalan Pemerintah Hindia Belanda, yang dioperasikan sejak tahun 1925. Pada awalnya sarana air minum bertujuan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang Belanda dan penghuni asrama tentara Belanda. Asrama militer tersebut saat ini digunakan sebagai asrama TNI-AD Yonif 412/ KOSTRAD. Sumber air yang dimanfaatkan adalah sumber air Mudal yang berada di Desa Kalinongko, Kecamatan Loano.

rumah pompa yang di bangun pada tahun 1925

 

Sesudah Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 prasarana dan sarana air minum peninggalan Belanda tersebut ditangani oleh PUJT Daerah Tingkat I Jawa Tengah yang berdasarkan UU Nomor 13 tahun 1950 tentang pembentukan Daerah Otonom Kabupaten maka prasarana dan sarana air minum tersebut dirubah dengan nama Dinas Saluran Air Minum (USAM) Kabupaten Purworejo. Dalam upaya mendukung kemandirian pengelolaan Air Minum, dengan mendasari UU Nomor 5 Tahun 1962 juncto UU Nomor 6 Tahun 1969 tentang Perusahaan Daerah, Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tanggal 31 Juli 1973 Nomor : Ekbang 8/3/11 dan Surat Menteri Dalam Negeri tanggal 11 Juli 1974 Nomor : Ekbang 8/2/43, yang isinya agar merubah status USAM menjadi Perusahaan Daerah Air Minum, maka dikeluarkan Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo Nomor : 85 Tahun 1974 tanggal 12 Desember 1974 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Purworejo. Setelah adanya Perda nomor 8 tahun 2019 tentang pendirian PERUMDA Air Minum Tirta Perwitasari maka sejak tanggal 13 Agustus 2019 PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo, telah berubah menjadi PERUMDA Air Minum Tirta Perwitasari.

 

Pada saat ini kantor pusat dari PERUMDA Air Minum Tirta Perwitasari  beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No.101 Sibung Pangenjurutengah Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54114.

 

  

 

 

 

Nilai Budaya kerja

Setiap Insan PERUMDA Air Minum Tirta Perwitasari harus memiliki nilai budaya kerja PRIMA, yaitu:

1. Profesional

Mencurahkan segala kemampuan yang dimiliki dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

2. Responsif

Cepat tanggap terhadap hal-hal yang harus segera dilakukan/diselesaikan terutama terkait dengan pelayanan pelanggan.

3. Integritas

Memiliki komitmen untuk mengabdi kepada perusahaan secara tulus dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

4. Mandiri

Mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sendiri secara tuntas tanpa bergantung kepada karyawan/pihak lain.

5. Akuntabel

Semua hasil pekerjaan yang dilaksanakannya dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak.

 

Janji Pelayanan

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menghormati hak hak pelanggan.
  • Bekerja degnan penuh kecepatan, ketapatan, dan keramahan.
  • Mengutamakan kepuasan pelanggan.
  • Bekerja dengan penuh tanggung jawab sesuai ketentuan yang ada di perusahaan.
  • Selalu berusaha meningkatkan pengetahuan dalam bidang pelayanan pelanggan.