Artikel

Kinerja PDAM Purworejo Dinilai Sehat

    Dibaca 88 kali

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementeran PUPR memberi predikan sehat untuk PDAM Tirta Perwitasari. Penilaian manajemen, efisieni dan pengelolaan PDAM melampaui sntandar minimal yang ditentukan Kementerian PUPR. 

BPPSPAM memasukkan PDAM Tirta Perwitasari Purworejo pada urutn 61 dari 367 PDAM di seluruh Indonesia. "Untuk Jawa Tengah, PDAM Purworejo ada di peringkat 15 dari 35 kabupaten," ujar Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo ST, kepada KRJOGJA.com, Rabu (12/12/2018).

Capaian tersebut mengalami peningkaan signfikan dibanding tahun 2017. Pada tahun 2017, PDAM Tirta Perwitasari menduduki peringkat 91 nasional.

Menurutnya, penilaian dilakukan untuk melihat dan mengukur tingkat kinerja manajemen, efisiensi dan efektivitas pengelolaan PDAM. Sebanyak 18 indikator kinerja PDAM yang dinilai terbagi menjadi 4 aspek, yakni keuangan, pelayanan, operasional, dan sumber daya manusia.

Hermawan mengaku bersyukur karena prestasi yang meningkat sepanjang tahun. Apalagi, lanjutnya, peningkatan prestasi diikuti dengan melonjaknya profit. Selama tahun 2018, PDAM berhasil menghimpun profit sebesar Rp3,5 Miliar dari target Rp2,5 Miliar. "Sejumlah capaian itu sekaligus menjadi kado istimewa usia 44 tahun PDAM Tirta Perwitasari pada  12 Desember tahun ini," tuturnya.

Dikatakan, perolehan kinerja sehat tidak lepas dari dukungan masyarakat dan pemerintah daerah. PDAM juga terus melakukan upaya peningkatan produksi, penanggulangan kebocoran, reklasifikasi pelanggan, penyesuaian tarif bagi pelanggan. 

“Saat ini kita sudah memiliki sekitar 22.250 pelanggan di tujuh kecamatan. Awal tahun 2019 kita akan upayakan Bagelen dan Bayan sudah bisa mendapatkan pelayan, walaupun saat ini Bayan sudah terlayani tapi belum maksimal,” sebutnya.

Ditambahkan, sejumlah kegiatan digelar untuk memperingati HUT ke-44 PDAM Tirta Perwitasari antara lain donor darah, pembagian 3.000 bibit pohon, dan santuan kepada puluhan dhuafa didaerah pengambilan air PDAM. "Rangkaian kegiatan tersebut bakal dipuncaki pada akhir tahun dengan peresmian gedung teknik di kantor PDAM," tandasnya.(Jas)

 

sumber : https://krjogja.com/web/news/read/85683/Kinerja_PDAM_Purworejo_Dinilai_Sehat