Artikel

PDAM Purworejo Siap Ekspansi Mensuplai Kebutuhan NYIA

    Dibaca 105 kali

PURWOREJO, suaramerdeka.com – Menghadapi kebaradaan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari Purworejo siap melakukan ekspansi untuk menyuplai kebutuhan air bersih ke proyek strategis nasional tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur PDAM Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo dalam peresmian kepindahan kantor cabang Purwodadi di lokasi baru, Senin (5/11). Kantor Cabang Purwodadi semula berada di belakang kecamatan, kemudian pindah ke tepi jalan protokol, Jalan Panembahan Senopati yang tempatnya lebih luas. Menurutnya, Kantor Cabang Purwodadi ini merupakan base antara untuk ekspansi mensuplai kebutuhan bandara.

“Ke depan kami akan ekspansi, 2019 masuk wilayah Bagelen, membuat kantor cabang baru di Bagelen, insya Allah bisa mensuplai bandara. Kami yakin itu, karena kebutuhan bandara dan efek dominonya tentu sangat membutuhkan air bersih,” kata Hermawan.

Untuk mewujudkannya, saat ini sedang dalam tahap mencari posisi untuk membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau intake sumber air baku dari Sungai Bogowonto. Direncanakan IPA akan berada di Desa Dadirejo dengan luas 2.750 meter persegi. Nantinya kapasitas dari Bagelen ini akan mencapai 50 liter per detik. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan 5.000 pelanggan. Pembangunan direncanakan akan dimulai awal tahun depan.

“Anggaran yang diperlukan Rp 29 miliar, Rp 2 miliar dari PDAM dan Rp 26 miliar dari Pemda, dari APBD. Tidak dipihakketigakan karena diharapkan nanti akan meningkatkan kontribusi ke Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tuturnya.

Pada 2018 ini kontribusi PDAM ke PAD sekitar Rp 1,44 miliar. Ke depan, dengan membangun pengembangan di Bagelen dan Purwodadi diharapkan kontribusi ke PAD bisa mencapai Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar per tahun.

Di cabang Purwodadi, lanjut Hermawan, pihaknya juga melakukan peningkatan kapasitas produksi di IPA Bendung Boro dari 20 liter/detik menjadi 50 liter/detik, sehingga bisa melayani 5.000 pelanggan.

Saat ini pelanggan di Purwodadi baru 1.899 pelanggan. Peningkatan kapasitas ini selain untuk melayani masyarakat. Sekaligus untuk kesiapan terkait rencana pengembangan border city di kawasan selatan serta kawasan perdagangan di wilayah Jalan Daendels.

“Pemindahan kantor dari belakang kecamatan yang kecil ke pinggir jalan yang agak luas ini juga untuk memudahkan akses pelayanan bagi masyarakat, baik pengaduan maupun gangguan, kita cepat mengakomodasi,” imbuhnya.

Peresmian kepindahan kantor cabang tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimcam dan Ketua Dewan Pengawas PDAM, Pono Gunawan. Dalam kesempatan itu, Pono mengapresiasi langkah inovatif yang dilakukan PDAM, yakni meski dengan sumber air yang terbatas tetapi bisa melayani kebutuhan masyarakat.

Pihaknya berharap ke depan PDAM bisa meningkatkan bisnisnya demi kesejahteraan masyarakat, termasuk menangkap peluang dari keberadaan NYIA. “Kita jangan hanya sebagai penonton, tapi juga harus sebagai pemain,” imbuhnya.

 

sumber : https://www.suaramerdeka.com/news/baca/142253/pdam-purworejo-siap-ekspansi-mensuplai-kebutuhan-nyia